Kamis, 10 Januari 2013

Manfaat Jinten Hitam (Biji dari Surga)



Memelihara Kesehatan Badan, Menyegarkan Tubuh dan Mencegah Penyakit
Seiring dengan berkembangnya zaman, pergerakan kehidupan yang serba cepat menyeret manusia ke dalam zaman yang serba instant dimana muncul tuntutan untuk mampu bekerja dengan waktu yang relatif singkat. Dalam keadaan tersebut, kesehatan sering terabaikan karena terjebak dalam gaya hidup yang tidak sehat. Bermacam – macam gaya hidup yang tidak sehat antara lain :
  1. Mengkonsumsi fast food yang berlebihan
  2. Kurang berolahraga
  3. Mengkonsumsi alkohol dan obat – obatan
  4. Kurang memperhatikan sanitasi dan hygiene
Beberapa hal diatas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit antara lain : kolesterol, diabetes, hipertensi, kanker, dan infeksi. Hal ini dapat diperparah dengan keadaan lingkungan yang kurang bersih atau cuaca yang tidak bersahabat. Penyakit tersebut tidak hanya dapat terjadi pada individu dewasa namun dapat terjadi pula pada remaja atau anak – anak baik laki – laki maupun perempuan.
Untuk menghindari penyakit – penyakit tersebut, diperlukan kesadaran untuk menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Beberapa herbal dapat membantu dalam memelihara kesehatan seperti jinten hitam. Jinten hitam adalah tanaman yang berasal dari daerah Timur Tengah yang biasa digunakan adalah bijinya. Jinten hitam sudah terkenal di dunia dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan dikenal dengan nama ”Habbatus sauda” dengan kandungan zat aktif Thymoquinone.

Khasiat dan Mekanisme Kerja Jinten Hitam
Manfaat jinten hitam antara lain :
1. Immunomodulator
Jinten hitam dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.
2. Antioxidants
Senyawa thymoquinone dalam jinten hitam mempunyai aktivitas antioksidan yang sangat kuat yang disebabkan karena aktivitasnya dalam menangkap radikal – radikal bebas tubuh (cytoprotective). Bahkan jinten hitam dapat menangkap radikal bebas yang dilepaskan ketika ada kerusakan lambung yang diakibatkan alcohol sehingga mencegah terjadinya  kerusakan mukosa lambung.
3.  Menormalkan gula darah dan kolesterol (LDL, trigliserida dan kolesterol total)
Jinten hitam dapat menormalkan fungsi homeostasis dan parameter darah (hematologi) seperti gula darah, LDL, trigliserida dan kolesterol total. Selain itu, jinten hitam dapat membersihkan darah dari racun / toxin berbahaya.
4.  Anti alergi
Jinten hitam mampu menghambat pelepasan histamin dari mast cell. Histamin adalah mediator alergi yang akan dilepaskan ketika terjadi alergi di dalam tubuh.
5.  Anti peradangan
Jinten hitam mampu menghambat enzim cyclooxygenase sehingga mediator nyeri dan peradangan seperti leukotriene dan prostaglandin tidak dapat terbentuk. Hal itu akan mengurangi terbentuknya radang dan rasa nyeri.
6.  Pengobatan COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease)
COPD adalah salah satu penyakit kerusakan jaringan pada paru – paru. Jinten hitam mampu menghambat aktivitas neutrophil estalase yang mempunyai sifat destructive terutama pada jaringan paru – paru.
Referensi
  1. Salem K.L. Immunomodulatory and therapeutic properties of the Nigella sativa L. seed. Int Immunopharmacol. 2005 Dec;5(13-14):1749-70.
  2. Ali B.H, Blunden G. Pharmacological and toxicological properties of Nigella sativa. Phytother Res. 2003 Apr;17(4):299-305.
  3. Kanter M, Demir H, Karakaya C, Ozbek H. Gastroprotective activity of Nigella sativa L oil and its constituent, thymoquinone against acute alcholo-induced gastric mucosal injury in rats. World J Gastroenterol. 2005 Nov 14;11(42)6662-6.
  4. Zaoui A, et. Al. Effects of Nigella sativa fixed oil on blood homeostasis in rat. J Ethnopharmacol. 2002 Jan;79(1):23-6.
  5. Hawsawi Z, Basil A, Bamosa A. Effect of Nigella sativa (black seed) and Thymoquinone on Blood Glucose Levels. Ann Saudi Med. 2001. May-Jul;21(3-4):242-4.
  6. Dahari A.H, Chandio A.M, Rahoo a.A, Memon R.A. Effect of Nigella sativa on serum cholesterol of Albino Rats. J Ayub Med Coll Abbottabad. 2005 Apr-Jun;17(2):72-74.
  7. Kalus U, Pruss A, Bystron J, Jurecka M, Smekalova A, Lichius J.J, Kiesewetter H. Effect of Nigella sativa (Black Seed) in subjective feeling in patients with allergic diseases. Phytother Res. 2003 Dec; 17 (10)1209 – 14.
  8. Marsik P, Kokoska L, Landa P, Nepovim A, Soudek P, Vanek T. Inhibitory effects of thymol dan quinones of Nigella sativa seeds on cyclooxygenase-1-and-2-catalyzed prostaglandin E2 biosyntheses. Planta Med. 2005 Aug;71(8):739-42.
  9. Kacem R, Meraihi Z. Effects of essential oil extracted from Nigella sativa (L.) seeds and its main components on human neutrophil elastase activity. Yakugaku Zasshi 2006 Apr;126(4):301-5.

0 200 komentar:

Posting Komentar

Ad Ad Ad

Ad