Selasa, 05 Februari 2013

Manfaat Srikaya Untuk Kesehatan


Tak ada informasi yang jelas mengapa buah srikaya juga sering disebut sebagai buah nona. Namun buah bernama latin Annona squamosa ini dikenal enak meski daging buahnya relatif tipis akibat bijinya yang cukup besar.
Manfaat buah srikaya ini sangat banyak. Selain itu bagian tanaman lainnya, seperti daun, pohon, maupun bijinya juga dimanfaatkan sebagai obat.
Buah srikaya berbentuk bulat yang khas dengan kulit buah yang banyak memiliki mata seperti buah sirsak. Warna kulit hijau keabu-abuan sedangkan daging buahnya berwarna putih. Biji srikaya sering dijadikan dolanan dakon, jenis permainan tradisonal yang masih sering dilakukan anak-anak hingga sekarang.
Anti Diare
Salah satu manfaat buah srikaya yang sudah dikenal adalah sebagai anti diare, menyembuhkan sembelit, dan melancarkan pencernaan. Kandungan gizi utama buah srikaya meliputi energi yang mencapai 101 kalori untuk setiap 100 gram, karbohidrat 35,2 gram, dan protein 1,7 gram, dan serat 0,7 gram.
Begitu juga dengan kandungan mineralnya yang cukup besar adalah kalsium sebanyak 27 mg, fosfor 20 mg, dan zat besi 0,8 mg. Sedangkan kandungan vitaminnya yang cukup banyak adalah vitamin C sebanyak 22 mg, sedangkan vitamin B1 hanya sebanyak 0,08 mg, dan B2 (0,04 mg). 
Pada sejumlah penelitian, juga ditemukan sejumlah senyawa pada buah srikaya yang telah masak. Diantaranya asam aminobutirat, arginin, ornitin, serta sitrulin yang berguna dalam mengatasi berbagai jenis parasit, khususnya yang menyerang kulit tubuh maupun kepala.
Tanaman Obat
Manfaat buah srikaya juga ditemukan pada bagian pohon lainnya yang hampir semuanya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Diantaranya biji srikaya banyak mengandung senyawa poliketida dan sejumlah unsur dari turunan bistetrahidrofuran. Kandungan ini sangat berguna untuk merangsang enzim pencernaan dan membunuh serangga. 
Karena manfaatnya ini, maka serbuk biji buah srikaya juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi gatal-gatal pada kepala, gatal-gatal pada kulit tubuh, eksim, maupun penyakit lain akibat kutu. Termasuk untuk membersihkan kutu pada hewan peliharaan, seperti anjing atupun kucing.
Daun srikaya yang rasanya pahit bermanfaat untuk mengatasi bisul, sebagai anti radang, dan menyembuhkan penyakit cacing usus. Akar maupun kulit kayu srikaya banyak dimanfaatkan sebagai herbal karena khasiatnya yang besar sebagai anti radang, anti depresi, dan sebagai tonikum untuk menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan vitalitas dan kebugaran.

0 200 komentar:

Posting Komentar

Ad Ad Ad

Ad